Sukses Di Usia Muda

Tak Kenal Maka Tak Kebal, Kenali Manfaat Dan Pentingnya Vaksinasi

Melalui pendekatan kepala desa diharapkan masyarakat dapat melupakan trauma takut dari hoaks yang beredar agar penularan Covid-19 di NTT dapat dikendalikan setelah mengalami lonjakan cukup drastis. Mantan Ketua Umum PSSI itu menekankan pentingnya edukasi yang terus-menerus kepada masyarakat agar tidak termakan hoaks mengenai vaksinasi. Umumnya kasus banyak pada daerah yang lebih padat penduduk dan mobilitas tinggi. “Dengan cara ini otomatis cakupan imunisasi akan lebih cepat meningkat dibanding vaksin yang ada di distribusi secara merata,” ujar Doktor Bidang Penelitian Pelayanan Kesehatan dari Erasmus University ini.

Pentingnya vaksinasi

Wali Kota mengatakan serbuan vaksinasi kali ini warga Kota Bekasi antusias karena dosis yang digunakan ialah vaksin Pfizer hampir ninety seven persen kekebalan tubuhnya dalam menghadapi pandemi. Dirinya mengungkapkan bahwa menjalani vaksinasi masih menggunakan dosis Sinovac 2 kali dan sebagai boosternya ialah Dosis Moderna, semoga dengan antusiasme dari warga ini bisa menghasilkan herd immunity sebanyak-banyaknya. Sementara itu, Pakar Imunisasi dr. Elizabeth Jane Soepardi menambahkan, untuk mengendalikan pandemi, goal imunisasi mencapai minimal 70 persen dari whole penduduk untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Pemberian vaksin termasuk dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh artifisial atau didapat.

Jika saat usia anak-anak vaksinasinya tidak lengkap maka saat dewasa perlu dilengkapi, kata Suzy. Vaksinasi pneumonia dibutuhkan karena dapat membentuk imunitas secara aktif dalam tubuh. Prosedur vaksinasi dilakukan dengan menyuntikkan antigen yang akan mencetuskan respons imun yang khusus terhadap antigen tersebut. Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin mengatakan upaya tersebut untuk menjemput bola dan mendekatkan layanan vaksinasi gratis dengan masyarakat. Vaksinasi tahap pertama dilaksanakan pada Juli 2021 dengan target vaksinasi 2.000 orang pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Karena sampai saat ini ini kita tetap perlu melakukan social distancing atau menjaga jarak dengan orang lain, yang merupakan salah satu protokol kesehatan selama pandemi COVID 19 berlangsung. Selain itu, Menag mengatakan meskipun program vaksinasi sudah dijalankan, masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan. Saat tubuh sudah tervaksinasi, vaksin Covid-19 akan membantu tubuh menciptakan respons antibodi yang bisa mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh kita.

Informasi dari BPOM menyebutkan bahwa minyak atsiri jahe berkhasiat sebagai imunomodulator melalui peningkatan produksi sel-B. Relawan peduli pasien Covid-19 Rembang yang tergabung dalam Covid Rangers bersilaturahmi dengan Wakil Bupati Rembang di rumah dinas Wakil Bupati, Kamis (5/8). Dengan menerapkan protokol kesehatan, acara silaturahmi itu hanya dihadiri perwakilan relawan dari Covid Rangers. Berbagi upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk memerangi dan memutus rantai penyebaran Covid-19 baik melalui penerapan protokol kesehatan 3M dan yang saat ini tengah gencar dilaksanakan oleh pemerintah yaitu Vaksinasi . Vaksin pun diprioritaskan bagi kelompok rentan dan berisiko tinggi, seperti lansia dan tenaga kesehatan, terlebih dahulu untuk mengurangi gejala berat hingga kematian. Misalnya, varian Delta yang merupakan mutasi dari varian Inggris dan memiliki tingkat penularan 97% lebih tinggi dari virus corona awal.

Vaksin pneumokokus dapat diberikan pada usia 2, four, 6 bulan dan bulan untuk mencegah terjadinya infeksi paru, telinga, maupun infeksi yang disebabkan kuman pneumokokus. Dimana untuk vaksin meningingis dan influenza bisa diberikan dalam waktu bersamaan sedangkan vaksin pneumonia baru bisa diberikan sepekan setelah pemberian vaksin meningitis dan influenza. Selain kewajiban atas pemberian vaksin meningitis, Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga menyarankan calon haji untuk mendapatkan vaksin influenza dan pneumonia sebelum berangkat. Memori imun terhadap virus COVID-19, tidak bisa bertahan lama dan biasanya berangsur ia akan mengalami penurunan. Maka dengan vaksinasi, semakin memperkuat penyintas tersebut ketika kembali diserang virus.

Beberapa cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, serta beristirahat yang cukup. Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan bahwa untuk mengatasi pandemi ini strateginya hanya satu yang harus diingat, yakni bagaimana bisa mengurangi laju penularan virus ini. “Peran ibu-ibu sangat besar dalam implementasi bagaimana cara kita bisa mengurangi laju penularan covid-19,” katanya. Hal ini dikatakan saat webinar bertema “Peran wanita dalam mensukseskan pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk mendukung terwujudnya ketahanan keluarga Indonesia”, Senin (1/2). Pada tanggal 31 Desember 2019, Tiongkok melaporkan kasus pneumonia misterius yang tidak diketahui penyebabnya. Dalam 3 hari, pasien dengan kasus tersebut meningkat menjadi 44 pasien dan terus bertambah hingga saat ini berjumlah jutaan kasus di seluruh dunia.

Anak pun dapat tertular dari orang dewasa yang memunculkan gejala tidak parah, namun jika menular pada anak yang tidak divaksin dapat menjadi lebih parah. Pada saat ini vaksin COVID-19 telah mendapatkan sertifikasi halal & suci oleh MUI dan persetujuan penggunaan Emergency Use Authorization dari BPOM dan sedang dalam proses pendistribusian ke masyarakat luas. Upaya pelaksanaan vaksinasi adalah untuk melengkapi upaya pencegahan penyebaran COVID-19 lebih luas lagi, Jadi setelah pelaksanaan vaksin masyarakat tetap diwajibkan untuk melanjutkan protokol kesehatan . Mari segera berikan imunisasi anak yang tepat sesuai jadwal perkembangan usianya.

Vaksinasi juga merupakan upaya terbaik saat ini untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity. Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Bekasi menarget 50 persen masyarakat sudah menjalani vaksinasi Covid-19 pada Bulan Agustus ini untuk mengejar goal herd immunity pada akhir tahun 2021. Dengan menurunkan laju infeksi COVID-19 dan memutus mata rantai pandemi COVID-19, kita pun bisa melindungi teman-teman generasi selanjutnya agar tidak terinfeksi penyakit ini.

Seperti diketahui, tujuan utama program vaksinasi ini untuk mendorong terbentuknya herd immunity yang dapat membantu kita menghadapi pandemi agar segera usai. Pada periode four, sasaran vaksinasi COVID-19 ditujukan pada masyarakat dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin. Jokowi meminta masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan sebelum Indonesia mencapai kekebalan komunal. Pada waktu bersamaan, upaya ini harus didukung pelayanan kesehatan yang berkualitas.