Sukses Di Usia Muda

Apa Pentingnya Perencanaan Dalam Manajemen?

Karena walaupun seandainya secara material pelaku bisnis Muslim merugi, tetapi pada hakikatnya ia tetap beruntung karena mendapatkan pahala atas komitmenya dalam menjalankan bisnis yan sesuai dengan syariah. Akan tetapi artikel ini akan menyuguhkan kiat-kiat bagi Anda untuk dapat mulai menulis dengan mudah. Dengan begitu, Anda diharapkan dapat terus melanjutkan menulis serta mengembangkannya sesuai kebutuhan Anda. Sesudah menentukan harga dan positioning serta perilaku konsumen pada tahap penentuan goal buyer, Anda dapat merencanakan kegiatan distribusi untuk menjual produk dan jasa Anda. Anda bisa memilih media berjualan ataupun kegiatan penjualan yang cocok untuk diterapkan pada produk dan jasa yang ditawarkan. Dengan USP dan target market yang telah Anda tentukan, Anda dapat menentukan ‘positioning’ yang tepat untuk produk maupun jasa yang Anda tawarkan dalam advertising plan Anda.

Namun, kita lihat lagi pernyataan yang kedua, Jika kita gagal dalam menyusun suatu perencanaan itu berarti kita memang telah merencanakan gagal atau dengan kata lain, kegagalan dalam perencanaan berarti kegagalan dalam bisnis. Disisi lain, ada banyak pelaku bisnis yang sukses karena adanya unsur ketidak sengajaan. Moment “Keberuntungan ” menjadi pembeda antara yang gagal dan yang berhasil. Evaluasi atau kontrol strategi meliputi usaha-usaha untuk memonitor seluruh hasil dari pembuatan dan penerapan strategi, termasuk mengukur kinerja individu dan organisasi, serta mengambil langkah-langkah perbaikan jika diperlukan. Menganalisa kopetitor adalah strategi untuk terus memacu kreatifitas dan menonjolkan kelebihan bisnis agar tetap bisa menjadi pilihan terbaik bagi banyak konsumen. Sebuah bisnis yang baru dirintis akan sangat sulit berkembang jika tidak memiliki perencanaan yang jelas.

Cerita lain, ketika seorang direksi financial institution yang ingin membuat usaha, dihitung-hitung terus berbagai kalkulasi mengenai usaha yang akan dilakukannya eh ternyata hasil hitungannya selalu tidak positif. Baik itu untuk memiliki rumah, membeli mobil keluarga, pendidikan dan pernikahan anak-anak Anda. Prioritas pengeluaran seperti itu dapat secara signifikan membantu Anda memantau arus kas, mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, dan kemudian membangun modal keseluruhan. Jika Anda butuh bantuan panduan lebih lanjut untuk membuat business plan, Anda bisa mengunduh template business plan yang Moka siapkan dengan mengisi type di bawah ini.

Rencana bisnis yang disusun dengan baik bisa mengantarkan perusahaan menuju gerbang kesuksesan. Perencanaan yang baik akan bisa mengundang orang-orang yang potensial atau mempunyai keahlian untuk bergabung dengan perusahaan Anda. Mungkin saja Anda memerlukan orang-orang yang mempunyai kemampuan untuk menduduki posisi kunci dalam perusahaan. Namun tentu Anda harus berhati-hati dalam menerima orang-orang tertentu agar perusahaan memiliki sumber daya manusia yang tepat.

Pentingnya rencana, dan rancangan usaha

Setelah itu manager, bertanggung jawab membuat objectives yang ingin dicapai. Dan tim bertanggung jawab menjalankan pekerjaannya sesuai goal/target yang diberikan. Aturan yang paling umum adalah SOP.Setiap orang diperusahaan harus memilikijobdescagar tugasnya jelas dan terselesaikan sesuai target perusahaan. Ciptakancash flow budgetsehingga semua anggaran sesuai dan tidak berlebihan.

Satu hal yang harus selalu dipertahankan dan diperbaiki adalah kualitas produk serta layanan. Apabila kualitas barang memburuk, bisa dipastikan konsumen akan kecewa dan penjualan menurun. Laporan keuangan akan memudahkan kontrol pada aktivitas finansial perusahaan. Sehingga apabila produksi diketahui melebihi modal awal bisa dihentikan dahulu. Pencatatan keuangan yang rapi diharapkan dapat menghindarkan perusahaan dari pailit. Selain itu juga pembukuan diperlukan untuk mencatat stok sumber daya yang ada.

Proses perumusan dan implementasi rencana strategis harus melibatkan karyawan. Karyawan yang terlibat dalam operasi sehari-hari dan dapat meningkatkan rasa keterlibatan dalam organisasi. Saat karyawan jauh lebih terlibat, maka tingkat kepuasan kinerja karyawan akan naik.